Rabu, 02 Februari 2011

Menata Kamar Kos Kecil

Kamar kos yang ukurannya kecil mungkin tidak menjadi masalah bagi beberapa orang. Namun, kecilnya ruangan akan menjadi masalah bagi mereka yang punya banyak barang. Selain itu, masalah juga mungkin timbul dari kebingungan dalam memilih warna dan pemanfaatan fungsi ganda dari ruangan kecil ini. 


Kamar kos tidak hanya digunakan sebagai tempat beristirahat. Segala kegiatan harus dapat dilakukan di satu ruang ini. Selain digunakan untuk tidur, kamar tersebut juga digunakan untuk menonton TV, menerima tamu, makan, hingga bekerja.

kamar_kos


Masalah warna adalah yang pertama. Seperti kita ketahui, warna dapat memengaruhi mood dan emosi kita. Ruangan yang warnanya suram dan kelam bisa jadi terlihat elegan dan modern. Namun cara pengaturan interior yang salah, akan membuat kita tidak betah berada di ruangan tersebut. 


Gunakanlah warna-warna yang netral untuk mengatasi masalah ini. Warna terang membuat ruang terasa lebih lega karena dapat memantulkan lebih banyak cahaya.




Kamar kos-kosan biasanya memang banyak berisi barang-barang. Semua kebutuhan pribadi pasti ada di dalamnya, dan tidak mungkin mengeluarkan salah satu barang-barang tersebut ke luar. Tapi cobalah memilih barang yang paling penting berdasarkan intensitas pemakaiannya, misalnya barang-barang pendukung kerja.



Idealnya, dalam kamar yang juga difungsikan sebagai tempat kerja, terdapat barang-barang seperti 1 buah lemari kecil, 1 meja kerja yang bisa difungsikan sebagai meja komputer, rak buku yang menempel di dinding, tempat tidur, dan TV.

Meja komputer atau meja kerja sebaiknya diletakkan berdekatan dengan rak buku. Dengan posisi ini, maka antara meja kerja dan rak masih akan terdapat area yang mudah dijangkau.

Pasanglah rak gantung untuk tempat menyimpan dan pajangan atau pernak-pernik seperti jam, pigura foto, pajangan, dan lain-lain. Hanya saja jangan lupa untuk menatanya secara rapi. Dibutuhkan kejelian dan kecermatan dalam menata barang-barang kecil ini. Jangan terlalu banyak memajang benda kecil. Pilihlah benda-benda yang paling Anda suka saja.



Satu hal lagi yang juga perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak memasang barang elektronik di kamar. Seperti kita ketahui, barang elektronik dapat menghasilkan panas. Nyalakan barang elektronik yang diperlukan saja, misalnya kulkas mini, karena benda ini berfungsi untuk menyimpan makanan agar tetap awet.

Sedangkan dispenser, magic jar/rice cooker, toaster, dan AC sebaiknya hanya dioperasikan jika dibutuhkan saja. Simpan di kardus jika tidak digunakan, dan jika sangat jarang digunakan sebaiknya dikeluarkan saja dari kamar Anda. Kamar yang lega akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik, dan membuat suasana kamar senantiasa tetap segar. (*/Nilam/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar